Jumat, 14 Oktober 2011

ARTI KATA “MATEMATIKA”

Matematika, hmm di otak kita langsung berarti pelajaran yang susah, menghitung, bosenin, nyebelin dan kalo bisa menghindarlah.Apa seserem itu ya matematika? Pernahkah kita bertanya, apa sih arti sebenarnya kata Matematika ini? Saat mempersiapkan bahan presentasi mata kuliah, penulis menemukan arti sebenarnya dari matematika ini yang diluar perkiraan kita. 

Dalam kamus on line Wikipedia  tentang arti kata Matematika adalah sebagai berikut: 

Kata "matematika" berasal dari bahasa Yunani Kuno μάθημα (máthēma), yang berarti pengkajian, pembelajaran, ilmu, yang ruang lingkupnya menyempit, dan arti teknisnya menjadi "pengkajian matematika", bahkan demikian juga pada zaman kuno. Kata sifatnya adalah μαθηματικός (mathēmatikós), berkaitan dengan pengkajian, atau tekun belajar, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, μαθηματικὴ τέχνη (mathēmatikḗ tékhnē), di dalam bahasa Latin ars mathematica, berarti seni matematika.

Nah, ternyata arti kata Matematika itu nggak seseram apa yang ada di benak kita selama ini. Justru belajar matematika itu berdasarkan artinya, kita ya belajar, tekun belajar dan mengkaji pelajaran. Kayaknya bener nih, saya dan banyak orang sudah salah persepsi tentang matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar