Jumat, 23 Juli 2010

PANDA USB VACCINE: Vaksinasi USB Flash Drive dari Bahaya Virus dan Malware

     Tentunya kita mengenal 'vaksin', adalah zat kimia yang digunakan untuk mencegah atau menangkal bibit-bibit penyakit seperti virus, bakteri yang mungkin masuk ke dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit tertentu. Dalam dunia komputer, hal yang sama terjadi. Begitu banyak virus, malware, dan script-script berbahaya yang dapat masuk lewat internet atau USB misalnya.

usbvaccine.jpg     Penyebaran virus dan program-program berbahaya lainnya lewat USB dimungkinkan, menggunakan dan memanipulasi file AUTORUN.INF flash disk. File AUTORUN.INF adalah file konfigurasi yang berada di direktori akar removable media dan berisi, antara lain, referensi ke ikon yang akan ditampilkan terkait dengan removable drive atau volume, uraian tentang isi dan juga kemungkinan untuk mendefinisikan program yang harus dijalankan secara otomatis ketika unit terpasang.
      Masalahnya adalah bahwa fitur ini sangat kritis dari segi keamanan, karena digunakan oleh malware untuk menyebar dengan menginfeksi sebagai drive baru masuk ke dalam komputer. Yang paling terakhir contoh ini adalah W32/Sality, W32/Virutas dan juga Worm W32/Conficker.

     Karena banyaknya masalah yang terkait malware terkait dengan Microsoft autorun, Anda perlu menggunakan utilitas yang berfungsi untuk menangkal bahaya yang berasal dari USB, misalnya Panda USB vaksin. Utilitas ini kecil namun powerful guna menangkal bahaya virus dan malware yang menyebar lewat USB flashdisk. Penulis juga sedang mencoba utiliti ini.

Vaksinasi Komputer

     Panda USB vaksin memungkinkan user mem-vaksinasi PC dengan menonaktifkan autorun supaya tidak ada program dari drive / USB CD / DVD (terlepas dari apakah mereka telah sebelumnya divaksinasi atau tidak) bisa auto-execute. Ini adalah fitur yang sangat membantu karena tidak ada cara yang lebih mudah untuk benar-benar menonaktifkan autorun pada PC Windows.


Vaksinasi USB

     Panda USB vaksin bebas dapat digunakan pada drive USB yang masing-masing untuk menonaktifkan file AUTORUN.INF guna mencegah infeksi malware dengan penyebaran secara otomatis. Bila diterapkan pada USB drive, vaksin secara permanen memblok file AUTORUN.INF agar tidak berbahaya, mencegah dari yang dibaca, dibuat, dihapus atau diubah. Panda USB vaksin saat ini dapat berjalan pada FAT & FAT32 drive USB. Juga perlu diingat bahwa USB drive yang telah divaksinasi tidak dapat dikembalikan kecuali dengan memformat.


Baris perintah Operasi

     Untuk pengguna tingkat lanjut yang ingin menjalankan Panda USB vaksin secara otomatis saat boot untuk memberitahu setiap kali perangkat USB baru sudah terpasang pada sistem atau untuk melakukan vaksinasi-jaringan komputer yang luas melalui skrip login atau metode distribusi lainnya, Panda USB vaksin dapat dioperasikan melalui perintah -line. parameter masukan nya adalah sebagai berikut:

USBVaccine.exe [ A|B|C…|Z ] [ +system|-system ] [ /resident [/hidetray] ]

[drive unit] : Vaksinasi unit drive


+system : Vaksinasi komputer
-system : Menghilangkan vaksinasi komputer
/resident : Memulai program tersembunyi dan pembeitahuan untuk memvaksin setiap drive baru.
/hidetray : Hides tray icon when used with the /resident command

Contoh:
Untuk menvaksin USB drives F:\ dan G:\, gunakan:
USBVaccine.exe F G

Untuk memvaksin komputer, gunakan:
USBVaccine.exe +system

     Untuk memvaksin komputer dan pemberitahuan untuk memvaksin setiap drive baru tanpa ditunjukkan oleh icon, gunakan:
USBVaccine.exe /resident /hidetray +system

Yang mau filenya klik aja di sini

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar